Kimbap



Kimbap, Makanan Khas Korea Gurih Menyehatkan
kimbap makanan khas korea
foto oleh manda_wong

Kimbap (김밥: nasi rumput laut) yang sering disebut "sushi korea" ini sangat populer di dunia dan menjadi icon kuliner khas "negeri gingseng". Hidangan yang mirip lemper ini berisi berbagai macam bahan mulai dari nasi, sayur, dan daging yang dibungkus dengan Gim (sejenis rumput laut). Biasanya orang Korea sering
menyantap Kimbap disaat piknik serta disajikan berdampingan dengan Kimchi.
proses membuat kimbap
foto oleh sunxez

Bahan yang digunakan untuk membuat Kimbap
Selain Gim dan nasi putih yang dibumbui garam dan minyak wijen, Kimbap bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan. Biasanya orang Korea mencampurkan bahan-bahan yang bergizi tinggi, sehingga Kimbap tidak hanya enak tapi juga menyehatkan.

Sayuran yang dipakai untuk Kimbap biasanya terdiri dari mentimun, bayam, wortel, dan asinan lobak untuk sumber vitamin. Sedangkan untuk sumber protein mereka menambahkan daging asap, daging kepiting, daging iga sapi, cumi, tuna, telur, dan keju. Kamu juga bisa menambahkan isi sesuai selera, jadi bukan tidak mungkin kamu bisa membuat Kimbap jenis baru (Kimbap khas Indonesia).

Setelah semua isinya digulung, Kimbab dipotong-potong sesuai selera dengan diberi taburan biji wijen. Cara memakannya adalah dengan memasukan langsung satu potongan ke mulut.

berbagai variasi kimbap
foto oleh wEnDaLicious

Berbagai macam variasi Kimbap
Karena cara membuat kimbap itu tergolong mudah maka muncul berbagai variasi Kimbap. Di Korea sendiri ada 3 macam variasi Kimbap yang sangat populer yaitu: Samgak kimbap ( 삼각 김밥 ) dengan bentuk segitiga, Chungmu kimbap ( 충무 김밥 ) dengan isi bayi gurita saus lada merah, dan yang terakhir Chamchi kimbap ( 참치 김밥 ) dengan isi ikan tuna saus mayones.

Untuk daerah luar Korea seperti Amerika dan Eropa juga memilik variasi lain yaitu California Kimbap dengan isi daging kalkun dan French Kimbap dengan isi buah-buahan.
warung kimbap di korea selatan
foto oleh Joe Shlabotnik

Potensi Kimbab untuk bisnis kuliner di Indonesia
Saya berpendapat bahwa Kimbab memiliki potensi besar untuk dijadikan franchise (waralaba) disini. Mengapa? Pertama karena bahan-bahan yang diperlukan (nasi, sayur, dan daging) bisa dimodifikasi sesuai selera orang Indonesia, yang kedua bahan-bahannya tergolong murah sehingga harga jualnya bisa bersaing, dan yang terakhir orang Indonesia itu sangat suka dengan makanan luar negeri yang unik dan praktis.

Sumber : http://kimbaphq.blogspot.com/2012/08/kimbap-makanan-khas-korea.html?#sthash.1hQnU3Tk.dpuf

Komentar

Postingan Populer