ANALISIS IKLAN DALAM ETIKA BISNIS
Analisis
Pembersih Rambut/Shampoo
Dove
Hair Fall Treatment
Shampoo merupakan suatu produk yang
berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rambut. selain untuk
membersihkan shampoo juga bisa melembutkan rambut, mencegah rambut rontok dan
masih banyak fungsi lainnya. Saat ini industri shampoo di dalam negeri,
dikuasai oleh dua pemain besar yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk dan PT. Procter
& Gamble. Kedua produsen besar ini juga dikenal sebagai produsen consumer goods lain seperti produk personal care, skin care, home toiletries
dan sebagainya. Produk shampoo dibutuhkan oleh
hampir semua orang dari seluruh lapisan masyarakat. Shampoo merupakan salah
satu kategori produk toiletries
dengan tingkat persaingan yang ketat. Dimana produsen besar terus
berlomba-lomba melakukan promosi produknya melalui perang iklan televisi yang
semakin gencar. Setiap hari siaran televisi dipenuhi oleh iklan shampoo, salah satunya Dove yang memasang bintang iklan
dari kalangan selebritis dan model papan atas. Dari iklan yang ditampilkan, perusahaan tersebut berlomba untuk memberikan
hasil yang terbaik dan berusaha agar konsumen melirik produk tersebut sehingga
melakukan pembelian secara terus-menerus. Iklan yang ditampilkan terkadang
saling menjatuhkan satu sama lain dan selalu menggunggulkan produknya
lebih baik dibanding produk pesaingnya.
Shampoo Dove menyatakan bahwa Dove adalah shampoo
terbaik dan para model iklan tersebut menampilkan rambut indah setelah
menggunakan shampoo Dove. Selain menampilkan rambut indah, para model iklan
juga menyatakan bahwa shampoo Dove lebih baik dan mereka berkata Dove I Love It.
Analisis :
Saya pribadi juga menggunakan shampoo Dove, kurang
lebih sudah sembilan tahun. Jenis perawatan dari shampoo Dove yang saya gunakan
yaitu Hair Fall Treatment karena saya membutuhkan perawatan untuk rambut rontok.
Beberapa keuntungan yang saya dapat karena menggunakan shampoo Dove, seperti rambut
lebih bersih, wangi tahan lama, dan lembut. Namun adapun kekurangan dari
shampoo Dove Hair Fall Treatment ini yaitu rambut saya masih tetap ada yang
rontok. Shampoo ini hanya membantu mengurangi jumlah rambut rontok tetapi tidak
menguatkan akar rambut secara total seperti yang terlihat di iklan.
Menurut saya, produk shampoo Dove yang mempromosikan shampoonya melalui media iklan televisi masih kurang
baik. Hal ini disebabkan produk yang ditayangkan saling menjatuhkan satu sama
lain, dan juga belum terbukti kenyataannya seperti yang mereka perlihatkan di
iklan. Produsen juga harus menjalankan kewajibannya untuk
bertanggung jawab atas iklan yang ditayangkan. Bertanggung jawab atas
memberikan informasi yang jelas agar para konsumen tidak merasa kecewa telah menggunakan
produknya.
Analisis ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi
saya menggunakan produk shampoo Dove. Mohon maaf apabila ada kesalahan ataupun
ketidaksamaan pendapat antara saya dengan pembaca.
Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar