ANALISIS IKLAN DALAM ETIKA BISNIS



Analisis Pembersih Rambut/Shampoo
Dove Hair Fall Treatment


            Shampoo merupakan suatu produk yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rambut. selain untuk membersihkan shampoo juga bisa melembutkan rambut, mencegah rambut rontok dan masih banyak fungsi lainnya. Saat ini industri shampoo di dalam negeri, dikuasai oleh dua pemain besar yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk dan PT. Procter & Gamble. Kedua produsen besar ini juga dikenal sebagai produsen consumer goods lain seperti produk personal care, skin care, home toiletries dan sebagainya. Produk shampoo dibutuhkan oleh hampir semua orang dari seluruh lapisan masyarakat. Shampoo merupakan salah satu kategori produk toiletries  dengan tingkat persaingan yang ketat. Dimana produsen besar terus berlomba-lomba melakukan promosi produknya melalui perang iklan televisi yang semakin gencar. Setiap hari siaran televisi dipenuhi oleh iklan shampoo, salah satunya Dove yang memasang bintang iklan dari kalangan selebritis dan model papan atas. Dari iklan yang ditampilkan, perusahaan tersebut berlomba untuk memberikan hasil yang terbaik dan berusaha agar konsumen melirik produk tersebut sehingga melakukan pembelian secara terus-menerus. Iklan yang ditampilkan terkadang saling menjatuhkan satu sama lain dan selalu menggunggulkan produknya lebih baik dibanding produk pesaingnya.

Shampoo Dove menyatakan bahwa Dove adalah shampoo terbaik dan para model iklan tersebut menampilkan rambut indah setelah menggunakan shampoo Dove. Selain menampilkan rambut indah, para model iklan juga menyatakan bahwa shampoo Dove lebih baik dan mereka berkata  Dove I Love It.

Analisis :

Saya pribadi juga menggunakan shampoo Dove, kurang lebih sudah sembilan tahun. Jenis perawatan dari shampoo Dove yang saya gunakan yaitu Hair Fall Treatment karena saya membutuhkan perawatan untuk rambut rontok. Beberapa keuntungan yang saya dapat karena menggunakan shampoo Dove, seperti rambut lebih bersih, wangi tahan lama, dan lembut. Namun adapun kekurangan dari shampoo Dove Hair Fall Treatment ini yaitu rambut saya masih tetap ada yang rontok. Shampoo ini hanya membantu mengurangi jumlah rambut rontok tetapi tidak menguatkan akar rambut secara total seperti yang terlihat di iklan.

Menurut saya, produk shampoo Dove yang mempromosikan shampoonya melalui media iklan televisi masih kurang baik. Hal ini disebabkan produk yang ditayangkan saling menjatuhkan satu sama lain, dan juga belum terbukti kenyataannya seperti yang mereka perlihatkan di iklan. Produsen juga harus menjalankan kewajibannya untuk bertanggung jawab atas iklan yang ditayangkan. Bertanggung jawab atas memberikan informasi yang jelas agar para konsumen tidak merasa kecewa telah menggunakan produknya.

Analisis ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan produk shampoo Dove. Mohon maaf apabila ada kesalahan ataupun ketidaksamaan pendapat antara saya dengan pembaca.

Terimakasih.





Komentar

Postingan Populer